Contoh Percakapan Dalam Bahasa Jawa (Bag.2)

Nina lagi dolan menyang omahe kanca sak kelas jenenge Siti. Dina iku Siti pas lagi nandur kembang ning latar mburi omahe. (Nina sedang main ke rumah teman sekelasnya namanya Siti. Hari itu Siti pas sedang menanam bunga di halaman belakang rumahnya)

Nina : Hai Siti (Hai Siti)
Siti  : Hai Nina (Hai Nina)
Nina : Kowe lagi ngapa? (Kamu sedang apa? / kamu lagi ngapain?)
Siti  : Aku lagi nandur kembang ki. Aku njaluk tulung gawakno pot kembang sing ning kana kae mrene, isa ora? (Aku sedang/lagi menanam bunga nih. Aku minta tolong bawakan pot bunga yang di sana itu ke sini bisa nggak?
Nina : Ya ( Nina nggawa pot kembange).....Siti iki pot kembange. (ya...Nina membawa pot bunganya...Siti ini pot bunganya)
Siti : Matur nuwun ya (terima kasih ya)
Nina : Padha-padha Siti. Kembang-kembang iki endah ya. Apa iki kabeh duwekmu Siti? (Sama-sama Siti. Bunga-bunga ini indah ya. Apa ini semua punyamu Siti?)
Siti : Iya. Ibuku mundhutake kembang-kembang iki kabeh kanggo aku. (Iya ibuku membelikan bunga-bunga ini semua untuk aku)
Nina : Tak ewangi nyirami kembange ya? (Aku bantu menyirami bunganya ya?)
Siti : Wis ora usah Nina malah dadi ngrepotake awakmu...(udah nggak usah Nina malah merepotkan kamu...)
Nina : Ora apa-apa...aku malah seneng hlo (nggak apa-apa..aku malah senang lho)
Siti : Ya wis kae nek njupuk banyu ning kran kidul kae ya....(Ya udah itu kalau mengambil air di keran sebelah selatan itu ya..)
Nina : Ok :) (ok!)


NB: Dalam bahasa Jawa jika kata kerja untuk orang tua menggunakan bahasa krama alus : pada contoh di atas membelikan:
Ngoko : nukokake
Krama Alus : mundhutake

6 Komentar untuk "Contoh Percakapan Dalam Bahasa Jawa (Bag.2)"

halo mas,mas punya mp3-nya percakapan bahasa jawa ga?.kalo bisa yang khas Solo gitu..saya pengen banget ngerti bahasa Jawa yang halus yang khas Solo..:)

salam kenal mas Jonny Rom, maaf saya kebetulan tidak punya...sulit nyarinya mas he...he...

coba site iki..

https://librivox.org/search?primary_key=36&search_category=language&search_page=1&search_form=get_results

ngak tau sih bahasa jawa khas mananya, yg jelas bahsa jawa aja.hehe

Dasar keporo nyoto.. kaluhuran lan kawilujengan siro manungso eka pradasar kabecikan anggenipun matur..
Salam sejahtera

@sangpengelana : Saya buka..ternyata kumpulan link download gendhing Jawa. Terima kasih ya kunjungannya :).

@amanda nurul : Matur nuwun sanget Mbak Amanda Nurul anggenipun Panjenengan mirsani blog kula :)

Salam, nyong sekon Malaysia. Iso paham jawa riko. Kesuwon..

Back To Top