Tentang Bahasa Jawa

Bahasa Jawa merupakan bahasa yang dipertuturkan oleh sekitar 80 juta suku bangsa Jawa. Bahasa ini menduduki peringkat ke 12 sebagai bahasa dengan penutur terbanyak di dunia. Tidak hanya di Indonesia, namun di negara-negara lain dimana banyak suku Jawa tinggal masih menggunakan bahasa Jawa seperti Suriname, Malaysia, Kaledonia Baru. Sedangkan di Indonesia, sebagian besar penutur bahasa ini lebih banyak di pulau Jawa (Jawa tengah, Jawa Timur, dan sebagian wilayah Jawa Barat).

Bahasa Jawa sendiri ada beberapa variasi dialek:
1. Dialek Kelompok Barat meliputi dialek Banten, dialek Cirebon, dialek Tegal, dialek Banyumasan, dialek Bumiayu (peralihan Tegal dan Banyumas).

2. Dialek Kelompok Tengah yang meliputi dialek Pekalongan, dialek Kedu, dialek Bagelen, dialek Semarang, dialek Pantai Utara Timur (Jepara, Rembang, Demak, Kudus, Pati),dialek Blora, dialek Surakarta, dialek Yogyakarta, dan dialek Madiun.

3. Dialek Kelompok Timur meliputi dialek Pantura Jawa Timur (Tuban, Bojonegoro), dialek Surabaya, dialek Malang, dialek Jombang, dialek Tengger, dan dialek Banyuwangi (atau disebut Bahasa Osing).
Tag : Bahasa Jawa
4 Komentar untuk "Tentang Bahasa Jawa"

Pengen belajar bahasa jawa.. terima kasih blog-nya.. sangat membantu.. :)

saya ingin belajar bahasa jawa di daerah Yogyakarta, bisakah meminta bantuannya via email? terimakasih :)

Sama-sama mbak Ayu, terima kasih juga sudah kunjungi blog ini. Semoga bermanfaat...

Terima kasih kunjungannya mbak Rifdha...maaf nih saya kurang paham dengan kursus bahasa jawa karena sulit sekali mencari tempat kursus bahasa jawa dan emang kurang populer kali yah dibanding bahasa asing. Tapi saya akan berusaha carikan semoga aja ketemu yah...

Back To Top